Buat online training sendiri di perusahaan

LMS memungkinkan online learning diakses dari PC & mobile

Di era sekarang, tiap perusahaan cenderung mengalami turnover yang tinggi. Kabarnya karena generasi milenial mudah bosan di satu tempat. Mungkin tidak selalu sulit untuk mencari karyawan baru yang menggantikan. Namun yang menjadi sulit adalah melatih kembali karyawan baru tersebut.

Training karyawan baru ini bisa menjadi cost tidak terlihat dalam operasional perusahaan. Tidak hanya karyawan baru belum bisa bekerja efektif karena belum memiliki skill yang dibutuhkan, karyawan yang lebih senior atau atasannya pun juga harus meluangkan waktu untuk membimbing sang karyawan baru.

Dalam hal ini, jika memang turnover yang tinggi menjadi suatu kepastian dalam berusaha. Maka menjadi tantangan bagi perusahaan untuk beradaptasi terhadap kondisi tersebut. Ada beberapa cara untuk menghadapi turnover yang cepat.

SOP yang jelas

Dokumen SOP penting dimiliki oleh setiap perusahaan. Memang waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk mempersiapkan SOP tidak sedikit, namun hal tersebut bisa berdampak sangat baik untuk ke depannya. Dokumentasi prosedur-prosedur standar memudahkan transfer pengetahuan dari karyawan lama ke karyawan baru. Selain itu SOP juga memudahkan evaluasi kinerja perusahaan dan membantu dalam mengingatkan hal-hal yang harus dilakukan dalam kondisi tertentu.

Modul training

Mempersiapkan modul training jelas sangat berguna dalam menghadapi turnover rate yang tinggi. Modul training menjadi acuan bagi supervisor karyawan baru untuk memberikan pelatihan secara efektif. Supervisor tidak harus lagi memikirkan dan menyiapkan bahan training untuk karyawan baru tersebut.

Online learning

Online learning menjadi pilihan yang tepat bagi perusahaan besar yang memiliki banyak cabang. Namun selain itu, karena format online learning biasa berupa video, tipe training ini menjadi keunggulan tersendiri bagi perusahaan-perusahaan dengan turnover rate yang tinggi. Online training dalam bentuk video memungkinkan karyawan baru untuk belajar sebagian besar hal sendiri. Bukan berarti tanpa pendampingan total, tapi setidaknya banyak waktu yang dihemat.

Sistem penunjang online learning

Mungkin tidak terbayangkan sistem seperti apa yang diperlukan untuk menunjang sistem online learning di perusahaan. Namun, sebenarnya ada online learning management system (LMS). LMS memungkinkan perusahaan untuk men-host video-video training online sendiri dengan platform yang sudah disediakan sistem tersebut. Pilih penyedia LMS yang memiliki fitur lengkap seperti akses dari PC dan mobile app. Ini untuk memudahkan akses bagi karyawan untuk mengikuti training dan bekerja secara efektif di perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *