Tipe Baja Ringan dan Ulasan Singkatnya

contoh kuda kuda rangka baja ringan berkualitas

Ada 2 jenis baja ringan yang bisa kita temukan di pasaran. Dua jenis baja ringan ini dibedakan berdasarkan dengan coating yang dimilikinya. Apa saja?

Baja Ringan Zincalume Steel atau Baja Ringan Galvalum

Merupakan baja ringan yang memiliki lapisan alumunium dan juga seng. Perbandingan coatingnya adalah 55% aluminium sehingga memiliki ketahanan terhadap korosi air garam yang lebih baik. Jenis baja ringan ini dilapisi dengan menggunakan metode hot dipping yang dilakukan secara kontinyu. Karena pelapisan yang dilakukan secara kontinyu ini membuat kuda kuda rangka baja ringan galvalum terbukti memiliki ketahanan yang apik terhadap panas yang tinggi.

Baja Ringan galvanis

Untuk jenis baja ringan galvanis, campuran coating dilakukan dengan bahan yang sama yaitu dengan alumunium dan juga seng. Bedanya. Kadar seng yang dimiliki oleh campuran baja ringan galvanis ini lebih banyak dibandingkan dengan campuran baja ringan galvalum. Dalam campuran coating, baja ringan galvanis memiliki kandungan seng dengan rasio 98% sedangkan alumunium hanya 2%. Untuk cara coatingnya, jenis baja ringan galvanis ini menggunakan metode hot dip galvanisasi yang melibatkan proses elektrodeposisi dan juga elektrokimia.

Perbandingan kekuatan

Unsur aluminium merupakan unsur yang menyebabkan ketahanan terhadap adanya korosi, terutama korosi yang disebabkan karena larutan garam. Hal ini menyebabkan baja ringan galvanis memiliki ketahanan terhadap air garam yang lebih rendah dibandingkan dengan ketahanan dari baja ringan galvalum. Hal ini juga telah dibuktikan oleh para ahli dan pada akhirnya disimpulkan bahwa baja ringan galvalum memiliki ketahanan hingga 4 kali lipat jika dibandingkan dengan baja ringan galvanis untuk masalah korosi air garam.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh baja ringan galvalum adalah ketahanannya terhadap panas. Lagi-lagi karena bahan coatingnya yang terbuat dari alumunium, baja ringan galvalum ini memiliki ketahanan terhadap panas yang lebih baik daripada baja ringan galvanis.

Jadi apakah penggunaan baja ringan galvalum lebih baik dari baja ringan galvanis?

Jawabannya belum tentu. Baik tidaknya sebuah produk ditentukan dari penggunaannya. Hal ini disebabkan karena jika dibandingkan untuk korosi jenis lainnya, baja ringan galvanis memiliki kekuatan yang lebih besar daripada baja ringan galvalum terutama untuk korosi yang disebabkan karena mortar. Selain itu jenis baja ringan galvalum juga menghasilkan suara yang sangat berisik sehingga cukup mengganggu jika di pasang di atap tanpa perlindungan asbes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *